TATA TERTIB UJIAN

TATA TERTIB PESERTA YANG HARUS DIKETAHUI
I. SEBELUM UJIAN DIMULAI
1. Peserta harus membawa :
- KARTU TANDA PESERTA
- KARTU KELUARGA ASLI
- AKTE KELAHIRAN ASLI
- FOTOKOPI IJAZAH YANG SUDAH DILEGALISIR ATAU SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) Asli
- FOTOKOPI RAPOR MULAI KELAS X SAMPAI DENGAN KELAS XII BAGI PESERTA LULUSAN PAKET C
- PENSIL HITAM 2B SECUKUPNYA
- RAUTAN PENSIL
- KARET PENGHAPUS YANG BERSIH DAN LUNAK

2. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai.

3. Peserta tidak diperkenankan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.

4. 30 menit sebelum ujian dimulai, akan diberikan tanda untuk masuk ruang ujian, peserta menunjukkan kartu tanda peserta kepada pengawas ujian.

5. Pengawas ujian melakukan pemeriksaan dan mencocokkan identitas diri peserta (Kartu Keluarga Asli, Akte Kelahiran Asli), fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir /SKL dengan kartu tanda peserta. Bagi peserta lulusan Paket C selain fotokopi ijazah juga menyertakan fotokopi rapor mulai kelas X sampai dengan kelas XII.

6. Peserta yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan verifikasi harus segera melapor pada Pengawas ujian dan tetap diperkenankan mengikuti ujian, serta harus melengkapi kelengkapan yang kurang pada 1 (satu) hari berikutnya.

7. Peserta harus duduk di tempat yang sesuai dengan nomor ujiannya, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.

8. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain pada waktu memasuki ruang ujian.

9. Peserta yang kehilangan kartu tanda peserta harus segera melaporkan diri ke PANITIA PELAKSANA UJIAN SELEKSI JALUR MANDIRI 2019 di SEKRETARIAT PANITIA untuk mendapatkan penyelesaian.

II. SELAMA UJIAN BERLANGSUNG
1. Peserta tidak diperkenankan membuka naskah ujian sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian.

2. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa jumlah lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat apakah sudah lengkap. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan naskah ujian yang baru.

3. Selama ujian berlangsung peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian, kecuali seijin pengawas ujian, dan didampingi pengawas bila ke kamar kecil.

4. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir.

5. Peserta tidak diperkenankan saling meminjam alat tulis, berbicara, menggunakan catatan, serta melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

6. periksa ulang penghitaman bulatan NOMOR PESERTA DAN NOMOR SOAL saudara pada Lembar Jawaban Ujian (LJU)

III. SETELAH UJIAN SELESAI
1. 10 menit sebelum ujian berakhir, pengawas akan memberitahukan bahwa ujian akan selesai dalam sepuluh menit mendatang.

2. Peserta harus memeriksa NOMOR PESERTA, NOMOR SOAL, NAMA, dan TANGGAL LAHIR sudah dicantumkan dan dihitamkan pada Lembar Jawaban Ujian serta sudah ditandatangani.

3. Pada saat waktu tanda ujian telah selesai berbunyi, peserta tidak diperkenankan lagi meneruskan pekerjaan dan tetap duduk di tempat.

4. Pengawas Ujian akan datang untuk mengumpulkan LJU dan peserta masih tetap duduk di kursinya.

5. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi tanda oleh Pengawas Ujian.

IV. SANKSI
Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB SELEKSI JALUR MANDIRI 2019, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses SELEKSI 2019.